Jumat, 06 April 2012

Trik Mengamankan Komputer Dari Cracker


Trik Mengamankan Komputer Dari Cracker



Ada 10 cara mengamankan komputer dari cracker,berikut adalah beberapa trik untuk mengamankan komputer dari cracker:


1.   Memblokir Remote Access. Untuk mencegah PC anda diambil alih oleh Hacker, nonaktifkan Remote Access. Dalam menu Start, klik kanan pada “My Computer” & pilih “Properties”. Maka ada tampilan “System Properties”, kemudian pilih tab “Remote”, hilangkan tanda (V) yg ada didepan semua option yang ada untuk menonaktifkannya. Kemudian klik “OK”.

2.   Menghapus User Account yang tidak terpakai => Pada “Windows XP Professional” terdapat beberapa user account yang dapat diakses melalui trojan dan dimanfaatkan untuk melakukan penyerangan. Untuk menyingkirkannya pilih menu Start, pilih “Control Panel”, pilih “Performance and Maintenance”. Kemudian pilih “Administrative Tools”, Klik 2 kali “Computer Management”. Pilih “Local Users and Groups”, pada sisi kanan klik 2 kali pada bagian “Users”. Hapuslah account-account lama yang tidak anda gunakan ( gambar users yang ada tanda X ). Kemudian tutuplah tampilan-tampilan tadi.

3.   Menutup celah NetBIOS => File2 dokumen anda bisa diakses melalui Internet maka nonaktifkanlah NetBIOS. Dalam menu Start, klik kanan pada “My Network Place” dan pilih “Properties”. Maka ada tampilan “Network Connections”. Kemudian klik kanan icon koneksi internet yg tersedia, pilih “Properties”. Jika ada tampilan, pilih tab “Networking”. Beri tanda ( V ) yang ada didepan “Internet Protocol (TCP/IP), kemudian klik tab “Properties” yang ada dibawahnya. Maka ada tampilan “Internet Protocol (TCP/IP) Properties”, pilih tab “Advanced”. Tampilan ada lagi “Advaced TCP/IP Settings”, pilih tab “Wins”, lalu pilih “Disable NetBIOS over TCP/IP. Klik ‘OK”.

4.   Penanggulangan terhadap BO2K pada Windows 9x. BO2K dapat dilacak dengan scanning port. Biasanya pada Windows 9x yang terbuka portnya hanya satu yaitu port 139 (NetBios).
Oleh karena itu perlu dicurigai jika kita mengetahui ada port lain selain port 139 yang terbuka. Program anti virus yang beredar saat ini dapat mendeteksi keberadaan program ini.
Pastikan anda sudah melakukan download versi terbaru dari program anti virus. Rajin-rajinlah membuka registrasi Windows. Biasanya pada Windows 9x, karena BO2K menanamkan dirinya pada

“HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\Microsoft\Windows\Cur rentVersion\RunServices”

atau pada

“HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\Microsoft\Windows\Cur rentVersion\Run”.

5.   Pengamanan BIOS pada Server => BIOS merupakan perangkat lunak aras rendah yang berguna untuk melakukan konfigurasi atau manipulasi hardware pada PC berbasis x86. MS Windows maupun Lilo dari Linux menggunakannya untuk menentukan prosedur melakukan booting pada PC anda. Anda perlu memproteksi BIOS anda dengan memberi password padanya. Cara ini juga berguna untuk mencegah penggunaan booting up melalui floppy disk. Cara ini tidak memberi perlindungan secara maksimal pada PC anda, namun dapat mempersulit orang lain untuk mengacak2 PC anda. Perlu diingat bahwa BIOS saat ini menggunakan metode flashroom, yang memungkinkan kita untuk mengubah konfigurasi atau bahkan menghapusnya sama sekali.

6.   Penyalahgunaan CGI Shell pada Unix/Linux => Ada beberapa cara yang cukup ampuh untuk menanggulanginya :

a.     Anda pasang Chrooted-Jail pada Apache anda sehingga perintah yang dapat dijalankan dapat anda batasi.

b. Utak-atik Source Code dari fasilitas CGI yang akan anda berikan misalnya Perl,
kemudian anda matikan fasilitas fungsi system ( )…Smile

c.   Minimalisasi terjadinya eksploit local pada sistem anda dengan sering mengutak-atik dan mengikuti perkembangan berita seputar sekuriti.

7.   Menghapus komponen COM yang tidak dibutuhkan pada Windows 2000/XP => Beberapa komponen COM yang tidak dibutuhkan oleh hampir semua aplikasi harus dihapus. Pertimbangkan dulu sebelum menghapusnya karena setiap komponen saling berhubungan dengan file system & dictionary object. Dalam menu Start pilih Internet Explorer, pada menu ”Tools”  pilih “Internet Options”.  Jika ada tampilan, pilih tab “Connections”.  Didalam “Dial-up and Virtual Private Network Setting” hapus COM yang tidak dibutuhkan dengan mengkliknya lalu pilih “Remove”.  Kemudian klik “OK’.

8.   Mengaktifkan Firewall => Agar Hacker dan penyerang tidak sampai ke PC anda, dibutuhkan sebuah Firewall.

9.   Menginstalasi Anti Virus => Software antivirus tidak hanya menyingkirkan virus, worm, atau file perusak lainnya tetapi juga melindungi PC dari ancaman serangan Script di website.

10. Jangan anda melakukan chatting di MIRC sebelum tips diatas dipraktekkan,
karena Hacker dapat mengetahui  IP teman-teman melalui MIRC.

Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar